Kamis, 17 Desember 2009

Diposting oleh khoirul anwar | 0 komentar

media pendidikan islam

MAKALAH

ILMU PENDIDIKAN ISLAM

MEDIA/ALAT PENDIDIKAN ISLAM

Makalah ini ditulis dalam rangka memenuhi tugas IPI

Disusun oleh :

Khalimatus Sa’diyah

Khoirul Anwar

Khoirum Min Alfi

Kholili

Dosen Pembina mata kuliah : Dra. Hj. Siti Romlah M Pdi

JURUSAN TARBIYAH/PAI

SEMESTER I

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM PANCAWAHANA BANGIL

2009/2010



KATA PENGANTAR

Puji syukur alhamdulilah kami sampaikan kehadirat allah swt yang telah melimpahkan rahmat serta inayahnya kepada seluruh makhluknya terutama orang muslim sehingga dalam keadaan sehat wal afiat , tak lupa shalawat serta salam kami curahkan kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW yang telah membukakan jalan kebenaran dan melepaskan seluruh belenggu kesesatan menuju agama yang diridhoi allah SWT.

Ucapan terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu dalam pembuatan makalah ini terutama :

1. Dra. Hj. Siti Romlah M Pdi selaku dosen Pembina mata kuliah Ilmu Pendidikan islam yang telah membina kami dalam pembuatan makalah ini

2. Teman teman semua yang telah mendukung dalam pembuatan makalah ini

3. Semua pihak yang telah membantu dalam penulisan makalah ini.

Namun demikian dalam penulisan makalah ini, kami mengakui terdapat kekurangan disana sini ,oleh karena itu saran dan kritik yang bersifat membangun akan kami terima dengan tangan terbuka, sehingga diharapkan dapat memperbaiki diri dalam penulisan makalah yang akan dating, semoga makalah ini dapat bermanfaaat bagi penulis dan pembaca

Bangil, 12 Desember 2009

Penulis

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR............................................................................................... i

1. LATAR BELAKANG.......................................................................................... iii

ALAT-ALAT DALAM PENDIDIKAN ISLAM...................................................... 1

1. Pengertian Alat Pendidikan Islam................................................................... 1

2. Pentingnya Alat Pendidikan Islam................................................................... 1

3. Macam macam alat pendidikan...................................................................... 2

4. Penggunaan alat pendidikan........................................................................... 2

5. Jenis jenis alat pendidikan.............................................................................. 3

6. Hukuman sebagai alat pendidikan................................................................... 3

BAB III..................................................................................................................... 4

PENUTUP................................................................................................................ 4

BAB I

PENDAHULUAN

1. LATAR BELAKANG

Didalam dunia pendidikan sering terjadi permasalahan yang kurang efektifnya kegiatan belajar mengajar diantara pendidik dan peserta didik sehingga akan memepengaruhi kualitas belajar peserta didik untuk itulah tugas seorang pendidik untuk membuat peserta didik bisa menguasai apa yang diajarkan oleh pendidik sehingga sesuai dengan yang diharapkan oleh pendidik khususnya didalam konteks pendidikan islam, dan pada akhirnya mampu mengamalkan ilmu yang ada pada dirinya untuk diamalkan dalam kehidupannya.

Untuk itulah, maka diperlukan suatu strategi agar peserta didik mampu menanggapi suatu proses pengajaran. Salah satu strategi atau cara yaitu media atau alat pendidikan, media pendidikan merupakan salah satu komponen pendidikan yang mendukung terjadinya suatu kegiatan proses belajar mengajar yang baik.

  1. RUMUSAN MASALAH

  1. Apakah yang dimaksud dengan media atau alat pendidikan islam?
  2. Seberapa pentingkah media atau alat pendidikan islam?
  3. Bagaimana caranya mendidik peserta didik dengan baik dan benar?

3. TUJUAN DAN MANFAAT

  1. Untuk mengetahui pengertian media atau alat pendidikan islam
  2. Untuk mengetahui pentingnya media atau alat pendidikan islam
  3. Untuk mengetahui cara mendidik peserta didik dengan baik dan benar


BAB II

PEMBAHASAN

ALAT-ALAT DALAM PENDIDIKAN ISLAM

1. Pengertian Alat Pendidikan Islam

Alat pendidikan adalah hal yang tidak saja memuat kondisi kondisi yang memungkinkan terlaksananya pekerjaan mendidik, tetapi alat pendidikan itu telah mewujudkan diri sebagai perbuatan atau situasi mana, dicita citakan dengan tegas, untuk mencapai tujuan pendidikan.

pendidikan Islam yaitu bimbingan secara sadar dari pendidik (orang dewasa) kepada anak yang masih dalam proses pertumbuhannya berdasarkan norma-norma Islami agar berbentuk kepribadian menjadi kepribadian muslim.

Alat pendidikan Islam yaitu segala sesuatu yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan Islam dengan demikian maka alat ini mencakup apa saja yang dapat digunakan termasuk di dalamnya metode pendidikan Islam.

alat pendidikan Islam yaitu cara dan segala apa saja yang dapat digunakan untuk menuntun atau membimbing anak dalam masa pertumbuhannya agar kelak menjadi manusia berkepribadian muslim yang diridai oleh Allah. Oleh karena itu alat pendidikan ini harus searah dengan Al-Qur'an dan As-Sunah atau dengan kata lain tidak boleh bertentangan dengan Al-Qur'an dan A-Sunah.

2. Pentingnya Alat Pendidikan Islam

alat pendidikan Islam mempunyai peranan penting sebab merupakan jembatan yang menghubungkan pendidik dengan anak didik menuju kepada tujuan pendidikan Islam yang terbentuknya kepribadian muslim.

Berhasil atau tidaknya pendidikan Islam ini dipengaruhi oleh seluruh faktor yang mendukung pelaksanaan pendidikan Islam ini. Apabila timbul permasalahan di dalam Pendidikan Islam, maka kita harus dapat mengklasifikasikan masalah yang kita hadapi itu ke dalam faktor-faktor yang ada.

Rasulullah SAW bersabda:

نَحْنُ مَعَاشِرَاْلأَنْبِيَاءِأُمِرْنَاأَنْ أَنْزَلَ النَّاسَ مَنَازِلَهُمْ وَنُكَلِّمَهُمْ عَلَى قَدْرِعُقُوْلِهِمْ. (الحديث)

Artinya:

“Kami para Nabi, diperintahkan untuk menempatkan seseorang pada posisinya, berbicara kepada mereka sesuai dengan kemampuan akalnya.” (Al-Hadits)

Dari Hadits di atas dapat diambil kesimpulan bahwa pendidikan dalam menyampaikan materi dan bahan pendidikan Islam kepada anak didik harus benar-benar disesuikan dengan keadaan dan kemampuan anak didik. Kita tidak boleh mementingkan materi atau bahan dengan mengorbankan anak didik. Sebaliknya, kita harus mengusahakan dengan jalan menyusun materi tersebut sedemikian rupa sesuai dengan taraf kemampuan anak, tetapi dengan cara serta gaya yang menarik.

3. Macam macam alat pendidikan

Adapun pembagian alat pendidikan menurut Drs. Suwarno dapat dibedakan dari macam macam segi sbb:

1. Alat pendidikan yang positif dan yang negative

a. Positif yaitu ditujukan agar anak mengerjakan sesuatu yang baik, misalnya: contoh yang baik kebiasaan, perintah pujian, ganjaran.

b. Negatif, jika tujuannya menjaga supaya anak didik jangan mengerjakan sesuatu yang buruk, misalnya: larangan, celaan, peringatan, ancaman, hukuman.

2. alat pendidikan yang preventif dan korektif

a. Preventif, jika maksudnya mencegah anak sebelum ia berbuat sesuatu yang tidak baik, misalnya: pembiasaan perintah, pujian, ganjaran.

b. Korektif, jika maksudnya memperbaiki karena anak melanggar ketertiban atau berbuat sesuatu yang buruk.

3. Alat pendidikan yang menyenangkan dan yang tidak menyenangkan.

a. yang menyenangkan yaitu menimbulkan perasaan senang terhadap anak, misalnya: ganjaran, pujian.

b. Yang tidak menyenangkan, maksudnya yang menimbulkan perasaan tidak senang pada anak anak, misalnya: hukuman dan menyenangkan.

Drs. Madya Ekosilo membagi alat pendidikan islam menjadi dua jenis yaitu:

a. Alat pendidikan yang bersifat materill, yaitu alat alat pendidikan yang berupa benda benda yang nyata.

b. Alat pendidikan yang bersifat non materill, yaitu alat alat pendidikan yang tidak bersifat kebendaan melainkan segala macam keadaan atau kondisi, tindakan dan perbuatan yang diadakan atau dilakukan dengan sengaja sebagai sarana dalam melaksanakan pendidikan.

“mengenai alat alat pendidikan, kita dapat membedakan alat penidikan kedalam 2 golongan, yaitu:

a. Alat pendidikan preventif

b. Alat pendidikan represif

4. Penggunaan alat pendidikan

Didalam menggunakan alat pendidikan, seharusnya sudah ditegaskan tujuan apa yang akan dicapai, tetapi juga harus selalu diingat, bagi para pendidik, hendaknya berusaha menghindarkan tindakan yang bersifat memaksa bagi anak didik.

Didalam memilih alat alat pendidikan yang akan digunakan perlu diingat atau diperhatikan hal hal berikut:

  1. Tujuan apakah yang ingin dicapai dengan alat itu
  2. siapakah yang akan menggunakan alat itu
  3. alat alat apakah yang tersedia dan dapat digunakan
  4. terhadap siapakah alat itu digunakan

dalam pemakaian alat alat pendidikan harus memperhatikan hal hal sbb:

  1. tujuan pendidikan
  2. Jenis alat pendidikan
  3. Pendidik yang memakai alat pendidikan
  4. Anak didik yang dikenai alat pendidikan

Anak didik sebagai pihak yang dikenai perbuatan mendidik adalah pihak yang pertama diperhatikan dalam menimbang nimbang penggunaan alat alat pendidikan adapun hal hal yang perlu dipertimbangkan tentang anak didik adalah dari segi :

  1. jenis kelamin
  2. Usia
  3. Bakat
  4. Perkembangan
  5. Alam sekitar

5. Jenis jenis alat pendidikan

  1. Alat pendidikan pendahuluan

Adalah alat pendidikan yang ditetapkan atau digunakan bagi anak didik yang telah mengerti dan mensiasati akan arti kewibawaan terdiri dari :

  1. keteraturan
  2. Kebersihan
  3. Ketenangan
  4. Pembiasaan
  1. Alat pendidikan yang sebenarnya, secara fenomena, logis dapat dibedakan menjadi 5 macam:
  1. Memberi perlindungan
  2. Verstandhouding = agar mengerti
  3. Kesamaan arah dalam berbuat dan berpikir
  4. Merasa hidup bersama, merasa dan perpaduan
  5. Pembentukan kemauan

6. Hukuman sebagai alat pendidikan

a. Hukuman

Hukuman adalah suatu perbuatan, dimana kita, secara sadar dan sengaja menjatuhkan nestapa kepada orang lain, yang baik dari segi kejasmanian maupun dari segi kerohanian orang lain

Tujuan memberikan hukuman:

1. Hukuman diberikan oleh karena adanya pelanggaran

2. hukuman diberikan dengan tujuan agar tidak tidak terjadi pelanggaran.

b. Jenis jenis hukuman

a. hukuman membalas dendam

b. hukuman badan atau jasmani

c. hukuman jeruk manis(sinaas apel)/ didekati dan diambil hati

d. hukuman atom

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Alat pendidikan Islam yaitu segala sesuatu yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan Islam dengan demikian maka alat ini mencakup apa saja yang dapat digunakan termasuk di dalamnya metode pendidikan Islam.

alat pendidikan Islam mempunyai peranan penting sebab merupakan jembatan yang menghubungkan pendidik dengan anak didik menuju kepada tujuan pendidikan Islam yang terbentuknya kepribadian muslim.

Berhasil atau tidaknya pendidikan Islam ini dipengaruhi oleh seluruh faktor yang mendukung pelaksanaan pendidikan Islam ini. Apabila timbul permasalahan di dalam Pendidikan Islam, maka kita harus dapat mengklasifikasikan masalah yang kita hadapi itu ke dalam faktor-faktor yang ada.




LAMPIRAN

DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, Abu Drs.H.dan Nur Unbiyati Dra.1991.Ilmu Pendidikan Islam.Jakarta:PT.Rineka Cipta

http://www.anakciremai.com/2008/06/makalah-agama-islam-tentang-alat-alat.html

0 komentar: